TASAKU, Cara Mudah dan Praktis Menabung


Hai Sahabat semua, tahukah kamu bahwa kemarin ada dua momen menarik. Pertama, peringatan #HariBloggerNasional dan yang kedua, launching #NabungGampangTASAKU.
Kebetulan kedua momen tersebut saya ikuti melalui media sosial facebook dan twitter. Keduanya sempat menjadi Trending topik Indonesia, wow keren!
***


Gerakan Indonesia Menabung (GIM) pernah dicetuskan pemerintah pada tahun 2010  lalu sebagai kegiatan edukasi keuangan dan kampanye  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebiasaan menabung sejak dini. Hanya saja gerakan tersebut belum optimal karena menghadapi berbagai kendala misalnya tidak semua masyarakat indonesia berkemampuan untuk menabung atau menjangkau layanan keuangan disebabkan akses atau menuju perbankan yang jauh belum lagi urusan tetek bengek perbankan yang sedikit 'ribet' dan formal, biaya admistrasi bulanan yang terlalu besar dan minimum setoran yang dibatasi jumlahnya serta kendala lainnya.

Nah, pernah dengar dengan istilah LAKU PANDAI yakni program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Finansial Insklusif yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beberapa waktu lalu. Bank Sampoerna mendukung layanan tersebut dengan program TASAKU.

Melalui program ini kendala-kendala yang disebutkan sebelumnya bisa diatasi. Ini merupakan inovasi yang dilakukan Bank Sampoerna dan dikenal dengan nama TASAKU-Tabungan SAKU (Tabungan Sampoerna - AlfamartKu) hasil kerjasama PT. Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan PT. Midi Utama Indonesia Tbk (pemilik Jaringan Alfamart dan Alfamidi).

Sebagai pilot Project, TASAKU ini adalah kelanjutan dari program sebelumnya yang sudah  diluncurkan tahun lalu dan sekarang kembali di lanjutkan di Gerai Alfamart Moestopo Mojo, Surabaya pada Kamis, 27 Oktober 2016. Setelah tahun lalu telah berjalan dan berhasil menjaring sedikitnya 9000 nasabah dan dilayani di 25 Alfamart dan 10 Alfamidi yang tersebar di Surabaya dan Sidoarjo.
TASAKU merupakan produk tabungan sederhana, mudah dipahami dan sesuai kebutuhan masyarakat yang belum bisa menjangkau layanan keuangan atau perbankan. Hadirnya program milik Bank Sahabat Sampoerna ini diharapkan dapat melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah di Indonesia terutama antara Desa dan Kota.

Alasan kenapa Bank Sampoerna menggandeng Alfamidi di program ini adalah selain jaringan Alfamart dan Alfamidi yang sudah luas ke pelosok juga karena bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan keuangan nonperbankan.

"Banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau belum terbiasa mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan karena bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari kantor bank atau adanya biaya atau persyaratan yang memberatkan. Sangat tepat jika Bank Sampoerna menggandeng Alfamart dan Alfamidi lewat Produk TASAKU ini," Kata Direktur utama Bank Sampoerna Ali Rukmijaj saat berada di sela-sela peresmian TASAKU.

Lantas apa keuntungan TASAKU? Dibanding produk tabungan lainnya seperti, setoran awal yang ringan, transaksi bisa dilakukan di seluruh Alfamart dan Alfamidi yang terpasang stiker logo SAKU, transaksi dapat dilakukan sesuai dengan jam operasional Alfamart dan Alfamidi yang terlibat, menabung tanpa biaya administrasi.

Kemudahan lainnya adalah TASAKU sudah tersedia di  200 gerai yang berlokasi di 10 Alfamidi dan 190 Alfamart yang tersebar di Kota Surabaya dan Siodoarjo.

"Target kami dengan bertambahnya jumlah Alfamart dan Alfamidi rekanan, kami dapat menjaring sedikitnya 20.000 nasabah hingga akhir tahun 2016. Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan TASAKU, kami yakin masyarakat dapat menabung secara praktis dan bertransaksi dengan mudah," ujar Ong Tek Tjan selaku Direktur UKM, Funding, dan Jaringan Kantor Bank Sampoerna.
Pak Ong Tek Tjan dalam acara Launching Tasaku di Surabaya

TASAKU ini menarik, namun masyarakat di luar Surabaya mesti bersabar karena Program ini baru terbatas di Kota Surabaya dan Sidoarjo sebagai pilot Project dan rencananya akan menjangkau seluruh daerah di Indonesia di Indonesia.

Kelebihan Tabungan SAKU

1. Setoran Awal Sangat Ringan
2. Transaksi bisa dilakukan di seluruh Toko Alfamart dan Alfamidi yang berlogo Saku
3. Bisa transaksi sampai jam 9 malam
4. Menabung di Tabungan Saku pasti untung karena bebas biaya Admin
5. Kembalinya bisa langsung di tabung

So, momen inilah yang disebut #NabungGampangTASAKU itu yang menjadi Trending Topik kemarin. Selamat hari Blogger dan TASAKU (Tabungan Sampoerna- AlfamartKU) yang baru saja dirayakan bersamaan.

Masyarakat Surabaya antri membuka tabungan Saku
Tim sukses Even Launching Tasaku yang bertepatan dengan #HariBloggerNasional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim